Doa ·

Doa Bersin dan Cara Menjawab Doa Orang Bersin Lengkap Arab Latin dan Artinya


Doa Bersin dan Cara Menjawab Doa Orang Bersin Perbesar

Doa Bersin dan Cara Menjawab Doa Orang Bersin

Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk selalu memuji Allah Swt dalam keadaan apapun termasuk ketika kita bersin.

Selain itu, ketika akan bersin, sebagian orang terkadang menahannya dengan alasan suara yang keluar terlalu keras. Sehingga mengakibatkan orang di dekatnya kaget.

Sebenarnya bersin itu mengeluarkan kotoran atau debu yang ada pada hidung, maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk melafadzkan doa bersin.

Anjuran Menjawab Doa Bersin

Anjuran Rosululloh SAW bagi orang yang bersin untuk bertahmid diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari sahabat Abu Huroiroh ra. Tetapi, hadits semakna juga dapat ditemukan pada riwayat Imam Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Sunni, dan Abu Ya‘la.

Rasulullah SAW bersabda:

Alloh menyukai bersin dan tidak menyukai kuap. Bila kalian bersin, hendaklah memuji Alloh. Adapun setiap muslim yang mendengarnya harus mendoakan, ‘yarkhamukallooh.’ Adapun kuap berasal dari setan. Bila kalian menguap, hendaklah kalian menahan semampunya karena jika kalian menguap maka setan tertawa. (HR Bukhari).

Sementara itu, imam An-Nawawi dalam kitabnya Al-Azkar menjelaskan:

وروينا في صحيح مسلم عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إذا عطس أحدكم فحمد الله تعالى فشمتوه، فإن لم يحمد الله فلا تشمتوه

Diriwayatkan kepada kami di Sohih Muslim dari sahabat Abu Musa Al-Asya’ri ra, ia berkata, ‘Aku mendengar Rosululloh saw bersabda, “Bila salah seorang dari kalian bersin, lalu memuji Alloh, maka jawablah. Tetapi jika ia tidak memuji-Nya, janganlah kalian jawab,”.’ (Imam An-Nawawi, Al-Azkar,[Damaskus, Darul Mallah: 1971 M/1391 H], halaman 231).

 

Lafadz Doa Bersin

Islam sendiri mengajarkan orang yang bersin untuk bertahmid atau membaca hamdalah. Adapun lafadz hamdalah yang dibaca ketika seseorang bersin adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ للهِ

Alkhamdu lillaah.

“Segala puji bagi Alloh.”

Doa Menjawab Orang Bersin

Sebagaimana penjelasan di atas, Rosululloh Saw menganjurkan keluarga atau orang yang berada di sekitar yang mendengar tahmid (alhamdulillah) orang yang bersin untuk untuk meresponsnya dengan doa berikut:

يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarkhamukallooh.

“Semoga Alloh memberikan rahmat-Nya kepadamu.”

Balasan Orang yang Menjawab Doa Bersin

Islam menganjurkan kita untuk membalas budi orang lain. Oleh karena itu, orang yang bersin dianjurkan untuk mendoakan balik mereka yang mendoakannya ketika ia bertahmid setelah bersin.

Anjuran untuk membalas budi secara umum dapat ditemukan dalam Al-Qur’an. Anjuran untuk mendoakan balik orang yang mendoakan orang yang bersin berasal dari Nabi Muhammad saw.

Adapun lafal doa untuk mendoakan balik orang lain yang dapat dibaca adalah sebagai berikut:

يَهْدِيكُمْ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Yahdiikumulloohu wa yushlikhu baalakum.

“Semoga Alloh tetap memberikan petunjuk bagimu dan memperbaiki semua urusanmu.”

Demikian bacaan doa ketika bersin dan cara menjawabnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rosululloh Saw. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Doa Ketika Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:29

Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:27

Doa Untuk Diri Sendiri Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:24

Doa Waktu Sore Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

19 Februari 2024 - 18:17

Bacaan Sujud Tilawah Beserta Tatacara dan Keutamaannya Lengkap Arab Latin dan Artinya

18 Februari 2024 - 23:36

Doa Mendapatkan Jodoh Lengkap ARab Latin dan Artinya

31 Januari 2024 - 21:25

Trending di Doa
Buka