Doa ·

Doa Memakai Pakaian dan Adabnya Lengkap Arab Latin dan Artinya


Doa Memakai Pakaian dan Adabnya Perbesar

Doa Memakai Pakaian dan Adabnya

Memiliki pakaian yang dapat dikenakan setiap saat adalah di antara karunia yang harus disyukuri. Karena tidak sedikit kalangan yang memiliki pakaian terbatas dan seadanya. Oleh sebab itu, saat memakai pakaian hendaknya membaca doa yang petunjuknya ada dalam hadits.

Doa berpakaian dapat dipanjatkan ketika mengenakan baju. Begitu pula ketika seorang muslim ingin melepas atau mengganti baju, sangat dianjurkan untuk membaca lafadz Doa Melepas Pakaian agar terhindar dari tatapan jin dan setan.

Doa-doa tersebut termasuk ke dalam adab berpakaian dalam Islam. Dalam surat Al A’rof ayat 26, Alloh SWT menjelaskan terkait pakaian yang jadi penutup aurat manusia.

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Alloh, mudah-mudahan mereka selalu ingat,” (QS Al A’rof: 26)

 

Doa Memakai Pakaian

Diambil dari kitab Lawami’ al-Anwar; Syarh Kitab al-Adzkar karya Muhyiddin Dib bahwa memulai semua amal baik itu disunahkan membaca basmalah. Namun terdapat doa khusus yang disampaikan oleh Rosulullah kepada sahabatnya ketika hendak mengerjakan sesuatu. Misalnya, seseorang hendak mengenakan baju, maka berdoa agar Alloh menambahkan kebaikan, bukan justru menjadikan keburukan dari baju atau apa saja yang kita kenakan.

Doa dimaksud adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allohumma Innii As-aluka Min Khoirihi Wa Khoiri Maa Huwa Lah, Wa Anguudzu bika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lah.

Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan baju ini dan kebaikaan apapun untuknya. Dan aku berlindung dari keburukan baju ini serta keburukan apapun untuknya.

Hal tersebut seperti ada dalam suatu riwayat dari Sa’ad bin Malik bin Sinan (Abu al-Khudri):

أن النبي صل الله عليه و سلم كان إذا لبس ثوبا سماع قميصا او رداء او عمامة يقول: اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Sesungguhnya Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam ketika mengenakan pakaian, semacam gamis, selendang dan imamah, beliau berdoa: Allohumma innii as-aluka khoirii wa khoiri ma huwa lahu, wa angudzu bika min syarrihi wa syarri ma huwa lahu.

Doa Mengenakan Pakaian Harian

Dalam riwayat lain, Rosulullah mengajarkan doa dengan lafadz berikut:

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي كَسَانِي هٰذَا الثَّوْبَ وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لَا قُوَّةَ

Alhamdu Lillaahil Ladzii Kasaanii Haadzats Tsauba Wa Rozaqoniihi Min Ghoiri Khaulim Minnii Wa Laa Quwwata.

Segala puji bagi Alloh yang telah Engkau berikan pakaian ini kepadaku, dan memberikan rizki tanpa upaya dan kekutan dariku.

Sedangkan dalam kesempatan berbeda, redaksi hadits sebagaimana diriwayatkan Mu’adz bin Anas:

أن رسول الله صل الله عليه و سلم قال: من لبس ثوبا فقال: الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي كَسَانِي هٰذَا الثَّوْبَ وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لَا قُوَّةَ

Sesungguhnya Rosulullah Sholallohu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa yang mengenakan pakaian, maka ucapkan: alhamdu lillahil ladzi kasaanii hadzats tsaubi wa rozaqonii min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin. Maka, Alloh mengampuni dosanya yang telah lalu.

Doa Mengenakan Pakaian Baru

Berbeda halnya, ketika kita hendak memakai pakaian baru, Rosululloh memberikan doa lain seperti lafadz berikut:

اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Alloohumma Lakal Hamdu Anta Kasautaniihi, As-aluka Khoirohu Wa Khoiro Maa Shoninga Lahu, Wa Anguudzu Bika Min Syarrihii Wa Syarri Maa Shuninga Lahu.

Ya Alloh, untuk-Mu segala pujian yang Engkau berikan kepadaku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apapun yang dibuat untuknya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pakaian ini dan kejelekan apapun yang dibuat untuknya.

Doa tersebut berdasarkan hadits dari Abi Sa’id al-Khudri:

كان رسول الله صل الله عليه و سلم اذا استجدّ ثوبا سمّاه عمامة، قميصا او رداء، ثم يقول : اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Bahwa Rosulullah ketika memakai pakaian baru, imamah, gamis atau sorban, berdoa: Allohumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khoirohu wa khoiro maa shuninga lahu, wa angudzubika min syarrihi wa syarri ma shuninga lahu.

Doa Menggunakan Pakaian Baru

Dari riwayat lainnya sekaligus menjadi opsi bagi kita seperti doa berikut ini:

الحَمْدُ لِلّٰهِ كَسَانِي مَا اُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي

Alhamdu Lillaahi Kasaanii Maa Uwaarii Bihi Ngaurotii Wa Atajammali Bihi Fii Khayaatii.

Segala puji bagi Alloh yang memberikan pakaian kepadaku, dengannya aku tutup auratku, dengannya menjadikan nampak indah di dalam keseharianku.

Redaksi di atas sesuai hadits riwayat Umar Rodiyalloohu ‘Anhu:

سمعت رسول الله صل الله عليه و سلم يقول: من لبس ثوبا جديدا فقال: الحَمْدُ لِلّٰهِ كَسَانِي مَا اُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي ، ثم عمد الى الثوب الذي أخلق فتصدق به، كان في حفظ الله، و في كنف الله، و في ستر الله حيّا ميّتا

Aku mendengar Rosulullah Shollalloohu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa memakai pakaian yang baru, maka ucapkan: alhamdu lillahil ladzi kasaani ma uwarii bihii ngaurotii wa atajammalu bihi fi hayatii. Kemudian meniatkan baju yang masih pantas (usang), dan menyedekahkannya, maka dia akan berada di dalam lindungan dan naungan Alloh, dan dia akan berada di jalan Alloh sepanjang hidup dan mati.

Doa tersebut tiada lain dengan tujuan meminta tambahan kebaikan dari Alloh dan dijauhkan dari segala keburukan yang timbul dari pakaian kita. Islam juga menganjurkan untuk membaca tasmiyah (basmalah) ketika hendak mengenakan pakaian, sepatu dan pakaian lainnya. Paling sedikitnya membaca bismillah atau sempurnya membaca Bismillaahir Rohmaanir Rohiim.

Keterangan ini disarikan dari Muhyiddin Dib, Lawami’ al-Anwar; Syarh Kitab al-Adzkar, Bairut: Dar ibn Kathir, 2014, Juz 1, halaman: 67-68)

Adab Berpakaian Menurut Islam

Menukil kitab Minhajul Muslim oleh Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dan Kitabul-Aadab susunan Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub, ada sejumlah adab yang harus diperhatikan saat berpakaian. Apa saja?

Berikut adalah adab atau tatakrama berpakaian sesuai syari’at islam :

  1. Wajib menutup aurat
  2. Diharamkan berpakaian menyerupai lawan jenis
  3. Tidak menjulurkan pakaiannya karena sombong
  4. Memanjangkan pakaian untuk wanita
  5. Dilarang memakai sutra dan emas bagi laki-laki
  6. Dianjurkan mengenakan pakaian berwarna putih
  7. Mendahulukan bagian kanan ketika hendak berpakaian
  8. Berdoa saat mengenakan pakaian

Itulah kumpulan doa berpakaian dan adabnya. Jangan lupa diamalkan ya!

Walloohu a’lam.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Satu tanggapan untuk “Doa Memakai Pakaian dan Adabnya Lengkap Arab Latin dan Artinya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Doa Ketika Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:29

Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:27

Doa Untuk Diri Sendiri Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:24

Doa Waktu Sore Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

19 Februari 2024 - 18:17

Bacaan Sujud Tilawah Beserta Tatacara dan Keutamaannya Lengkap Arab Latin dan Artinya

18 Februari 2024 - 23:36

Doa Mendapatkan Jodoh Lengkap ARab Latin dan Artinya

31 Januari 2024 - 21:25

Trending di Doa
Buka