Doa ·

Doa Naik Kendaraan Darat Laut dan Udara Lengkap Arab Latin dan Udara


Kumpulan Doa Naik Kendaraan Darat Laut dan Udara Perbesar

Kumpulan Doa Naik Kendaraan Darat Laut dan Udara

Kumpulan doa naik kendaraan ini bisa diamalkan setiap hari dan setiap waktu ketika hendak berkendara atau bepergian. Tentunya, doa ini bertujuan untuk memohon kelancaran dan keselamatan di saat sedang berkendara atau berada dalam kendaraan untuk menuju ke tempat tujuan.

Sebelum kita mengamalkan doa-doa naik kendaraan, alangkah lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana adab berkendara.

Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar halaman 184 menjelaskan setidaknya ada 7 hal yang bisa dilakukan seseorang ketika hendak bepergian.

Di antara ketujuh adab tersebut salah satunya adalah berpamitan dan meminta maaf kepada orang-orang yang dalam kesehariannya menemani kita, seperti orang tua, keluarga, tetangga, teman, dan kerabat dekat.

Kemudian setelah itu, meminta restu kepada orang tua, guru, dan orang-orang yang patut dihormati. Lalu selanjutnya, bertobat kepada Alloh dan memohon pertolongan-Nya agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam perjalanan.

Berikut ini kumpulan doa naik kendaran darat, laut, dan udara:

Doa Naik Kendaraan Darat

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillaahil ladzii / subhaanal ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina, wa innaa ilaa robbinaa lamun qolibuuna.

“Segala puji bagi Alloh/maha suci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ (هود 41) – وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ (الزمر 67)

Bismillaahi majrêha wa mursaahaa, inna robbii la ghafuurur rohiim, (Hud ayat 41).
Wa maa qodarullooha haqqo qodrihii, wal ardhu jamiingan qobdhatuhuu yaumal qiyaamah, was samaawaatu mathwiyyaatum bi yamiinihii, subhaanahuu wa tangaalaa ngan maa yusyrikuun, (Az-Zumar ayat 67).

“Nuh berkata, ‘Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Alloh di waktu berlayar dan berlabuhnya.’ Sungguh Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,’ (Surat Hud ayat 41).
Mereka tidak mengagungkan Alloh dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan,” (Surat Az-Zumar ayat 67).

Doa ini diambil dari doa Nabi Nuh saat mengendari bahteranya.

Doa Naik Kendaraan Udara

اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Alloohu Akbar, Alloohu Akbar, Alloohu Akbar. Subhanal ladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamun qolibun, alloohumma inna nas-aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ngamal maa tardho, alloohumma hawwin ngalaina safarona hadza wa athwi ngannaa bu’dahu, alloohumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, alloohumma inni angudzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

“Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar. Maha suci Alloh yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Alloh lah kami kembali. Ya Alloh, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhai.
Ya Alloh, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Alloh, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Alloh, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Dengan demikian, dalam setiap perjalanan, mari kita memulainya dengan doa, agar selalu dalam lindungan-Nya. Semoga dengan berdoa, kita senantiasa mendapatkan keselamatan dan kelancaran dalam setiap perjalanan kita.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kumpulan Doa Nabi Yusuf Lengkap Arab Latin dan Artinya

8 Juli 2024 - 21:28

Kumpulan Doa Nabi Yusuf Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kumpulan Doa Nabi Sulaiman Lengkap Arab Latin dan Artinya

8 Juli 2024 - 21:09

Kumpulan Doa Nabi Sulaiman Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Nabi Yunus Lengkap Arab Latin dan Artinya

8 Juli 2024 - 20:23

Doa Nabi Yunus Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dzikir Bulan Rojab Beserta Amalan Lainnya Lengkap Arab Latin dan Artinya

2 Juli 2024 - 15:24

Dzikir Bulan Rojab Beserta Amalan Doa dan Sholat Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya

18 Juni 2024 - 22:48

Bacaan Doa Berbuka Puasa Lengkap

Doa Ketika Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:29

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan agar Semakin Berkah
Trending di Doa
Buka