Doa ·

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal Lengkap Arab Latin dan Artinya


Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal Bacaan dalam Sholat Perbesar

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal Bacaan dalam Sholat

Untuk menghindari fitnah Dajjal, umat muslim dianjurkan membaca doa untuk memohon perlindungan kepada Alloh SWT yang dibacakan setelah tasyahud akhir sebelum salam.

Bacaan Doa Terhindar Fitnah Dajjal

Berikut bacaan doa agar terhindar dari fitnah Dajjal:

أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Alloohumma innî anguudzubika min adzaabil qobri wa min ngadzaabin nar, wa min fitnatil mahyaa wal mamaat wa min fitnatil masiihid Dajjaal.

“Ya Alloh, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, siksa api neraka, fitnah kehidupan dan kematian, serta berlindung dari fitnah dajjal”

Membaca Surat Al-Kahfi Malam Jumat

Selain itu, doa agar terhindar dari fitnah Dajjal, seperti yang telah dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya yang menjumpai Dajjal agar meludahi wajahnya dan membacakan awal-awal Surat Al-Kahfi.

Surah Al-Kahfi adalah surah ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri atas 110 ayat. Surat ini termasuk surah Makkiyah, dikutip dari jatim.nu.or.id.

Membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at atau malam Jum’at merupakan sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Sementara, disampaikan oleh Abu Darda’ bahwa yang menghafal surat Al-Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَمَنْ حَفِظَ خَوَاتِمِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi ia akan dilindungi dari fitnah Dajjal, dan barang siapa yang hafal penutup surat Al-Kahfi maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat kelak. (HR. Ahmad: V/196 dan Muslim: VI/92).

Hal ini juga ditegaskan dalam Imam Syafi’i yang menganjurkan membaca surat Al-Kahfi di malam Jum’at atau siangnya.

قَالَ الشَّافِعِيُّ) أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنُ مَعْمَرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ( قال الشَّافِعِيُّ ) وَبَلَغَنَا أَنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ وُقِيَ فِتْنَةَ الدَّجَّالِ. ( قال الشَّافِعِيُّ ) وَأُحِبُّ كَثْرَةَ الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي كُلِّ حَالٍ وَأَنَا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَتِهَا أَشَدُّ اسْتِحْبَابًا وَأُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَهَا لِمَا جَاءَ فِيهَا

Imam Syafi’i berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’. Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-Kahf maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal.

Maka, selain mendatangkan pahala dan rezeki, keutamaan membaca surat Al-Kahfi antara lain: diampuni dosa di antara 2 Jum’at, mendapatkan ridha dari Allah dengan mendekatkan diri pada-Nya, terhindar dari fitnah Dajjal, dijaga dari gangguan setan dan pengingat ke hari kiamat. WalLahu A’lam.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Doa Ketika Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:29

Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:27

Doa Untuk Diri Sendiri Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:24

Jenis dan Ragam Sholat Sunnah yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

20 Februari 2024 - 18:36

Doa Waktu Sore Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

19 Februari 2024 - 18:17

Bacaan Sujud Tilawah Beserta Tatacara dan Keutamaannya Lengkap Arab Latin dan Artinya

18 Februari 2024 - 23:36

Trending di Doa
Buka