Doa ·

Dzikir dan Doa Sholat Dhuha yang Dibaca Rosululloh Lengkap Arab Latin dan Artinya


Bacaan Dzikir dan Doa yang Dibaca Rosululloh setelah Sholat Dhuha Perbesar

Bacaan Dzikir dan Doa yang Dibaca Rosululloh setelah Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang dikerjakan di pagi hari. Makna yang terkandung adalah manusia di pagi hari mengawali aktivitasnya dengan jiwa yang bersih sehingga bisa membuka dunia dengan harapan Alloh SWT melimpahkan kesejahteraan hidup yang berkah. Karena Nabi Muhammad SAW tidak pernah menyia-nyiakan waktu pagi. Jika pandai memanfaatkannya, maka mendapatkan kesuksesan. Nabi Muhammad tidak pernah mengajarkan pada sahabatnya bersikap malas-malasan dan meremehkan pagi hari.

Setelah mengerjakan Sholat dhuha, duduk sejenak untuk berdzikir dan berdoa. Banyak kalimat dzikir yang pernah dibaca Nabi sambil mengusap wajahnya, salah satunya terdapat dalam kitab Al-Adzkar karya An-Nawawi:

اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ اَللّٰهُمَّ اَذْهِبْ عَنِّى الْهَمَّ وَالْحَزَنَ

Asyhadu Al Laa Ilaaha Illallooh, Arrohmaanur Rohiim, Alloohumma Adz-hib Nganniil Hamma Wal Khazan.

Aku mengaku bahwa tak ada Tuhan melainkan Alloh, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ya Alloh, jauhkanlah dariku kegundahan dan kesedihan.

Nabi juga pernah membaca doa disertai istighfar tiga kali.

اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِىْ لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Astaghfirulloohal Ngadhiim, Al Ladzii Laa Ilaaha Illa Huwal Khayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaih.

Aku memohon ampun kepada Alloh Yang Maha Besar, yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang senantiasa hidup lagi yang mengurus segala sesuatu sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya. (HR. Abu Daud dan at-Turmidzi dari Bilal)

Kemudian dilanjutkan dengan membaca :

اللّٰهُ اَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَاذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ

Alloohumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaarokta Yaa Dzal Jalaali Wal Ikroom.

Ya Alloh, Engkaulah as-salam (yang mempunyai kesejahteraan) dan dari-Mu pula kesejahteraan. Maha Berbahagia Engkau wahai Tuhan yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

Pernah juga Nabi membaca dzikir berikut :

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَـْئٍ قَدِيْرٌ، اللّٰهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا اَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِىَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Laa Ilaaha Illalloohu Wahdahu Laa Syariika Lah, Lahul Mulku Wa Luhul Hamdu Wa Huwa Ngalaa Kulli Syai-ing Qodiir. Alloohumma Laa Maaninga Limaa A’thoita Wa Laa Mu’thiya Limaa Mana’ta Wa Laa Yanfangu Dzal Jaddi Minkal Jaddu.

Tidak ada Tuhan selain Alloh sendiri, tidak ada sekutu bagi-Nya. Pemilik segala kerajaan dan segala rupa puji dan Alloh Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Ya Alloh, tidak ada yang menghalangi pemberian-Mu dan tidak ada yang memberi apa yang telah Engkau tahankan, tiadalah kesungguhan memberi manfaat kepada orang yang bersungguh-sungguh; karena Engkaulah segala peruntungan. (HR. Bukhari dan Muslim)

لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ، لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَلَانَعْبُدُ اِلَّا اِيَّاهُ. لَهُ النِّعْمَةُ وَالْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ لَااِلٰهَ اِلَّا مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكٰفِرُوْنَ

Laa Khaula Walaa Quwwata Illa Billah, Laa Ilaaha Illalloohu Walaa Na’budu Illa Iyyaah, Lahun Ni’matu Wal Fadhlu Walahuts Tsanaa-ul Khusna, Laa Ilaaha Illaa Mukhlishiina Lahud Diina Walaw Karihal Kafirrin.

Tidak ada daya dan tidak ada tenaga selain Alloh, tidak ada Tuhan yang sebenar-benarnya disembah selain Alloh. Bagi-Nya nikmat dan keutamaan dan bagi-Nyalah puji-pujian yang indah. Tidak ada Tuhan selain Alloh, kami ikhlaskan taat kepada-Nya, walaupun orang-orang kafir tidak menyukainya. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud, Nasai)

Dzikir berikut ini juga dibaca oleh Nabi Muhammad SAW :

اللّٰهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمُرِى اٰخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِى خَوَاتِمَهُ وَخَيْرَ اَيَّامِى يَوْمَ اَلْقَاكَ

Alloohummajngal Khoiro Ngumurii Aakhirohu, Wa Khoiro Ngamalii Khowaatimahu Wa Khoiro Ayyaamii Yauma Alqooka.

Ya Alloh, jadikanlah sebaik-baik umurku di akhirnya, dan sebaik-baik amalku kesudahannya dan sebaik-baik masaku, masa aku berjumpa dengan Engkau di hari hisab. (Anas bin Malik)

اللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Alloohumma Innii Anguudzu Bika Minal Kufri Wa Ngadhaabil Qobri.

Ya Alloh, bahwasanya aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dari kemiskinan dan dari azab kubur. (Anas bin Malik)

اَللّٰهُمَّ اَنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ اَنْ اُرَدَّ اِلـٰى اَرْذَلِ الْعُمُرِ وَاَعُوْبِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Alloohumma Inni Anguudzu Bika Minal Jubni Wa Anguudzu Bika Min An Urodda Ilaa Ardhalil Ngumuri Wa Anguudzu Bika Min Fitnatid Dun-ya Wa Anguudzu Bika Min Ngadzaabil Qobri.

Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung diri kepada-Mu dari sifat penakut dan aku berlindung kepada-Mu dari mengalami seburuk-buruk umur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. (HR. Bukhori dari Saad bin Waqosh)

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبِى وَخَطَايَايَ كُلَّهَا. اَللّٰهُمَّ اَنْعِشْنِى وَاجْبُرْنِى وَاهْدِنِى لِاَحْسَنَ الْاَعْمَالِ وَالْاَخْلَاقِ إِنَّهُ لَايَهْدِى لِاَحْسَنِهَا اِلَّا اَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَهَا اِنَّهُ لَايَصْرِفُ عَنِّى سَيِّئَهَا اِلَّااَنْتَ

Alloohummaghfir Dzunuubi Wa Khothooyaaya Kullahaa. Alloohumma Anngisynii Wajburnii Wahdinii Li-ahsanal A’maali Wal Akhlaaqi Innahu Laa Yahdii Li-ahsanihaa Illaa Anta Wash-rif Ngannii Sayyi-ahaa Innahu Laa Yash-rifu Ngannii Sayyi-ahaa Illa Anta.

Ya Alloh, ampunilah semua dosa san kesalahanku. Ya Alloh, segarkanlah aku dan tutuplah semua keaibanku dan tunjukilah aku kepada sebaik-baik usaha dan sebaik-baik budi, karena sesungguhnya tidak ada orang yang dapat menunjukkan kepada sebaik-baik usaha dan budi selain Engkau, dan palingkanlah aku dari seburuk-buruk usaha dan budi, karena tidak ada yang dapat memalingkannya dariku selain Engkau juga. (Ibnu Hajar Asqolani)

Beberapa doa dan dzikir yang dibaca Nabi sesudah sholat dhuha di atas, semuanya ma’tsur (berasal dari Rosululloh). Setelah membaca doa dan dzikir, bisa dilanjut membaca doa sesudah sholat dhuha yang biasa dijumpai.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَائُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى الْاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اٰتِنِى مَااٰتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allohumma Innadh Dhuhaa-a Dhuhaa-uka Wal Bahaa-a Bahaa-uka Wal Jamaala Jamaaluka Wal Quwwata Quwwatuka Wal Qudrota Qudrotuka Wal Ngismata Ngismaatuka. Allohumma In Kaana Rizqii Fis Samaa-i Fa Anzilhu, Wa In Kaana Fil Ardhi Fa Akhrijhu, Wa In Kaana Mungassiron Fa Yassirhu, Wa In Kaana Harooman Fa Thohhirhu Wa In Kaana Bangiidan Fa Qorribhu. Bi Haqqi Dhuhaa-ika Wa Bahaa-ika Wa Jamaalika Wa Quwwatika Wa Qudrotika, Aatinii Maa Aataita Ngibaadakash Sholihiin.

Wahai Alloh. Sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, kebaikan adalah kebaikan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, perlindungan adalah perlindungan-Mu. Wahai Alloh. Jika rezekiku ada di langit, maka turunkanlah. Jika ada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sulit, mudahkanlah. Jika haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah. Berkat kebenaran waktu dhuha-Mu, keindahan-Mu, kebaikan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, berikanlah aku apa saja yang teleh Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang sholih.


Demikian artikel mengenai Bacaan Doa dan Dzikir Sholat Dhuha yang dibaca Rosululloh setelah selesai Sholat Dhuha. Semoga bermanfaat.

Walloohu A’lam.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Doa Ketika Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:29

Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:27

Doa Untuk Diri Sendiri Lengkap Arab Latin dan Artinya

23 Februari 2024 - 15:24

Jenis dan Ragam Sholat Sunnah yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

20 Februari 2024 - 18:36

Doa Waktu Sore Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

19 Februari 2024 - 18:17

Bacaan Sujud Tilawah Beserta Tatacara dan Keutamaannya Lengkap Arab Latin dan Artinya

18 Februari 2024 - 23:36

Trending di Doa