Tradisi ·

Keutamaan Bulan Rojab Lengkap Dalil Beserta Istighfar Rojab Arab Latin dan Artinya


Keutamaan Bulan Rojab Lengkap Dalil Beserta Istighfar Rojab Arab Latin dan Artinya Perbesar

Keutamaan Bulan Rojab Lengkap Dalil Beserta Istighfar Rojab Arab Latin dan Artinya

Bulan Rojab merupakan salah satu bulan mulia yang memiliki sejumlah keutamaan. Lantas, apa saja keutamaan bulan Rojab? Bulan Rojab sendiri merupakan bulan yang terletak antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya’ban.

Salah satu keutamaan dari bulan Rojab ini yakni merupakan salah satu dari bulan harom. Sehingga, bulan ini menjadi salah satu bulan yang dimuliakan.

Selain itu, masih banyak keutamaan lain dari bulan Rojab. Nah untuk mengetahuinya selengkapnya, simak ulasannya berikut ini:

Keutamaan Bulan Rojab

Bulan Rojab memiliki banyak keutamaan yang perlu diketahui oleh umat muslim untuk memotivasi diri meningkatkan amalan-amalan sholeh. Berikut sejumlah keutamaan bulan Rojab:

Termasuk dalam Bulan Mulia

Keutamaan bulan Rojab yang pertama yaitu termasuk dalam bulan-bulan mulia atau disebutkan dengan Asyhurul Hurum. Dijelaskan dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 9 sebagai berikut:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Alloh ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Alloh pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan harom.” (QS At-Taubah:36)

Bulan harom adalah empat bulan mulia di luar Romadhon, yakni Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Disebut “bulan harom” (الأشهر الحرم) karena pada bulan-bulan tersebut umat Islam dilarang mengadakan peperangan.

Imam Al-Ghozali dalam Ihya’ Ulumidin menyatakan bahwa Rojab masuk dalam kategori al-asyhur al-fadhilah di samping Dzulhijjah, Muharrom dan Sya’ban. Rojab juga terkategori al-asyhur al-hurum di samping Dzulqo’dah, Dzul Hijjah, dan Muharrom.

Pembuka Bulan-bulan Kebaikan

Telah disebutkan bahwa terdapat tiga bulan lainnya yang termasuk dalam bulan Harom. Selain itu, terdapat bulan mulia lainnya seperti Romadhon, Syawal, dan Sya’ban.

Dalam hal ini, keutamaan bulan Rojab yaitu sebagai pintu pembuka bulan-bulan mulia.

Anugerah Terampuni Dosa-dosa

Ustaz Adi Hidayat melanjutkan, keutamaan yang bisa didapatkan di bulan Rojab ini adalah anugerah Alloh SWT untuk mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan mengoreksi diri.

Adapun bacaan istighfar bulan Rojab yang dapat diamalkan yakni:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ. لَاإِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي. وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ. وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ. أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِيْ. فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

Alloohumma anta robbi, laa ilaaha illaa anta kholaqtanii wa ana ngabduka wa ana ngalaa ngahdika wawa’dika mastatho’tu. Anguudhu bika min syarri maa shona’tu, abuu-ulaka bini’matika ngallayya, wa abuu-u bidzambii faghfirlii fa-innahuu laa yaghfirudz dzunuba illaa anta.

“Ya Alloh, Engkau-lah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu dan aku dalam genggaman-Mu. Aku dalam perjanjian-Mu (beriman dan taat) kepada-Mu sekadar kemampuan yang ada padaku. Aku berlindung kepada-Mu daripada kejahatan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui dosaku. Karena itu, aku memohon ampunan-Mu, dan sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa seseorang, kecuali Engkau, ya Alloh.”

Pahala Dilipatgandakan

Pada bulan Rojab, pahala amalan-amalan saleh yang dikerjakan akan dilipatkan oleh Alloh SWT. Sebagaimana disampaikan oleh Imam al-Baghowi dalam kitab tafsirnya berikut:

العَمَلُ الصَّالِحُ أَعْظَمُ أَجْرًا فِي الْأَشْهُرِ الْحُرُمِ، وَالظُّلْمُ فِيْهِنَّ أَعْظَمُ مِنَ الظُّلْمِ فِيْمَا سِوَاهُنَّ

“Amal salih lebih agung (besar) pahalanya di dalam bulan-bulan haram (Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab). Sedangkan dzolim pada bulan tersebut (juga) lebih besar dari dzolim di dalam bulan-bulan selainnya.”

(Imam al-Baghowi, Ma’alimut Tanzil fi Tafsiril Qur’an, [Beirut, Darul Ihya’ at-Turats, cetakan keempat: 1417 H/1997 M], juz IV, halaman: 44).

Tidak hanya amalan sholeh, dosa yang didapatkan dari perbuatan maksiat dan dzolim juga akan dilipatgandakan. Maka dari itu, di bulan Rojab ini umat muslim sebaiknya meningkatkan kualitas ibadah dan meninggalkan kemaksiatan.

Tempat Berlatih untuk Romadhon

Keutamaan bulan Rojab salah satunya yaitu sebagai bulan berlatih sebelum memasuki bulan Romadhon. Sebab bulan Romadhon merupakan puncak dari bulan-bulan mulia tersebut.

Bermakna Bulan yang Agung

Keutamaan selanjutnya dari bulan Rojab yaitu disebut sebagai bulan Agung. Dijelaskan dalam kitab I’anatut Tholibin bahwa kata ‘Rojab’ adalah turunan dari kata ‘Tarjib

Tarjib memiliki arti mengagungkan atau memuliakan. Oleh karena itulah masyarakat Arab zaman dahulu turut serta memuliakan bulan Rojab melebihi bulan-bulan lainnya.

Mustajab untuk Berdoa dan Penuh Berkah

Pada malam satu Rojab, terdapat keutamaan yaitu mustajab bagi doa. Seperti yang dijelaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm berikut:

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

“Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rojab dan malam nisfu Sya’ban.”

Pada bulan ini, Rosululloh SAW mempersiapkan jasmani dan rohani menuju Romadhon. Sehingga berdoa untuk mendapatkan keberkahan agar sampai pada bulan Sya’ban dan romadhon itu sendiri. Adapun lafal doa tersebut yakni:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’baana wa ballighnaa romadhoona.

“Ya Alloh berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”

Rojab Bulan Sedekah

Bulan Rojab dikenal juga dengan bulan sedekah sebab muslim dianjurkan untuk memperbanyak melakukan amalan ini. Sedekah yang dimaksudkan itu tidak selalu materi namun juga amalan berupa sholat, puasa, dan kebaikan lainnya, sebagaimana sabda Rosululloh SAW:

“Barangsiapa yang bersedekah di bulan Rojab, maka Alloh menjauhkannya dari neraka seperti durasi anak burung gagak yang belum tumbuh bulunya hingga mati tua.”

Waktu Terjadinya Isro’ Mi’roj

Bulan Rojab memiliki keutamaan yang sangat istimewa yaitu sebagai bulan terjadinya Isro’ Mi’roj. Peristiwa penting dalam sejarah Islam ini merupakan tonggak kewajiban sholat 5 waktu bagi muslim.

Isro’ Mi’roj merupakan sebuah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama malaikat Jibril melalui Masjidil harom Makkah, masjidil Aqso, dan Palestina. Kemudian dilanjutkan menghadap Alloh SWT dari Masjidil Aqso ke Sidrotul Muntaha.

Peristiwa penting ini terjadi pada hari Jumat pertama di bulan Rojab. Keutamaan bulan Rojab yang satu ini menjadi pengingat umat muslim untuk meningkatkan ibadah sholat.

Musuh dan Setan Dikutuk

Bulan Rojab memiliki nama lain yaitu Rojam (رجم) yang artinya melempar. pada bulan ini, musuh dan setan-setan dikutuk dan dilempari sehingga kiat mereka untuk menyakiti para wali dan orang-orang saleh menjadi gagal.

Derasnya Tetes Kebaikan

Keutamaan lainnya dari bulan rojab yaitu derasnya tetes kebaikan yang bisa didapatkan. Bulan ini bahkan diberi julukan Al-Ashabb yang berarti “yang mengucur atau menetes”.

Larangan Berperang

Keistimewaan bulan Rojab selanjutnya yaitu adanya larangan untuk berperang. Bahwa untuk menjaga kemuliaan bulan ini, umat di masa lalu tetap menghormati bulan ini dengan mengadakan perdamaian di antara suku-suku yang bertikai.

Bulan Rojab bahkan dijuluki Al-Ashomm atau “yang tuli” sebab pada bulan ini tidak terdengar gemerincing senjata pasukan perang. Maka dari itu, bulan Rojab dikenal pula dengan sebutan bulan yang damai.


Demikianlah penjelasan tentang keutamaan bulan Rojab Lengkap Dalil Beserta Istighfar Rojab Arab Latin dan Artinya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kumpulan Amalan Sunnah Khusus pada Bulan Rojab

7 Februari 2024 - 09:02

Kumpulan Amalan Sunnah Bulan Rojab

Susunan Bacaan Tawassul NU Lengkap Arab Latin dan Fadhilahnya

9 Desember 2023 - 20:28

Susunan Bacaan Tawassul NU Lengkap Arab Latin dan Fadhilahnya

Jawaban Doa Ketika Mendapat Titipan Salam Lengkap Arab Latin dan Artinya

28 November 2023 - 09:09

Jawaban Doa Ketika Mendapat Titipan Salam

Bacaan Doa Rosul untuk Acara Selamatan Tumpeng Ingkung Ayam

27 November 2023 - 21:02

Bacaan Doa Rosul untuk Acara Selamatan Tumpeng Ingkung Ayam

Rajah Bulan Shofar – Tulisan Wafaq Rebo Wekasan, Pengertian dan Cara Membuatnya

26 November 2023 - 11:40

Cara Membuat Rajah Rebo Wekasan Dilebur dengan Air untuk Mandi Sunnah
Trending di Tradisi
Buka