Puasa ·

Niat Puasa Qodho Romadhon Digabung Senin-Kamis Lengkap Arab Latin dan Artinya


Bacaan Niat Puasa Qodho Romadhon Digabung Senin-Kamis Lengkap Arab, Latin, dan Tata Caranya Perbesar

Bacaan Niat Puasa Qodho Romadhon Digabung Senin-Kamis Lengkap Arab, Latin, dan Tata Caranya

Niat puasa qodho Romadhon gabung di hari Senin-Kamis mungkin masih banyak yang belum mengetahui. Cara ini biasanya dilakukan untuk membayar puasa yang tertinggal selama bulan Romadhon, misalnya karena sakit atau haid pada wanita.

Puasa yang tertinggal itu wajib diganti, sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan. Hal itu tertulis dalam Surah Al-Baqarah ayat 184, yang mana Alloh SWT menekankan qodho puasa romadhon wajib hukumnya.

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 184).

Batas waktu untuk mengganti puasa yang tertinggal itu diberikan selama setahun, tepatnya sebelum memasuki bulan Romadhon berikutnya. Tentunya, qodho puasa ini dilandasi niat untuk membayar puasa di bulan Romodhon yang tertinggal.

Untuk memudahkan dalam mengganti puasa Romadhon yang tertinggal, pelaksanannya bisa dilakukan bersamaan dengan puasa sunnah Senin-Kamis.

Lantas, bagaimana niat puasa qodho jika digabung dengan Senin-Kamis? Berikut niat berserta tata caranya.

Niat Puasa Qodho Romadhon

Sebelum menjalankan qodho puasa, sangat penting niatkan dalam diri kita untuk berpuasa mengganti hutang puasa Romadhon karena Alloh SWT.

Bagi yang ingin melakukan puasa qodho, wajib melafalkan niat seperti berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghodin Ngan Qodho-i Fardhi Syahri Romdhona Lillahi Tangala

“Aku berniat untuk mengqodho puasa Bulan Romadhon esok hari karena Alloh SWT.”

Niat Puasa Qodho Romadhon di Hari Senin-Kamis

Untuk memudahkan pelaksanaannya, niat puasa qodho Ramadhan bisa digabung dengan puasa Senin-Kamis.

Berikut bacaan bagaimana niat puasa qodho Romadhon jika digabung di hari Senin-Kamis.

Namun, niat puasa qodho jika digabung dengan Senin-Kamis memiliki sedikit perbedaan. Sebagai bedanya, saat mengucapkan niat bisa ditambahkan dengan menyebut hari Senin, Selasa, atau hari lainnya saat berpuasa. Niatnya seperti berikut:

Niat Puasa Qodho Romadhon di Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمَاضِي، الَّذِي عَلَيَّ فَرْضٌ، صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُتَبَقِّي مِنْهُ، فِي هَذَا الْيَوْمِ الْمُبَارَكِ الْمُصَادِفِ الاثْنَيْنِ، لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Shahri Romadhonal Maadhi, Alladhi Ngalayya Fardhun, Shouma Shahri Romadhonal Mutabaqqi Minhu, Fi Hadzal Yaumil Mubarokil Mushodiqil Itsnain, Lillahi Tangala.

“Saya niat berpuasa puasa qodho Romadhon tahun lalu, yang belum saya ganti, pada hari ini yang bertepatan dengan hari Senin yang mulia, karena Alloh Ta’ala.”

Niat Puasa Qodho Romadhon di Hari Selasa

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمَاضِي، الَّذِي عَلَيَّ فَرْضٌ، صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُتَبَقِّي مِنْهُ، فِي هَذَا الْيَوْمِ الْمُبَارَكِ الْمُصَادِفِ الثُّلَاثَاءِ، لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Shahri Romadhonal Maadhi, Alladhi Ngalayya Fardhun, Shouma Shahri Romadhonal Mutabaqqi Minhu, Fi Hadzal Yaumil Mubarokil Musadiqits Tsulatsa-i, Lillahi Tangala.

“Saya niat berpuasa puasa qodho Romadhon tahun lalu, yang belum saya ganti, pada hari ini yang bertepatan dengan hari Selasa yang mulia, karena Alloh Ta’ala.”

Niat Puasa Qodho Romadhon di Hari Rabu

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمَاضِي، الَّذِي عَلَيَّ فَرْضٌ، صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُتَبَقِّي مِنْهُ، فِي هَذَا الْيَوْمِ الْمُبَارَكِ الْمُصَادِفِ الأَرْبِعَاءِ، لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Shahri Romadhonal Maadhi, Alladhi Ngalayya Fardhun, Shouma Shahri Romadhonal Mutabaqqi Minhu, Fi Hadzal Yaumil Mubarokil Mushodiqil Arbinga-i, Lillahi Tangala.

“Saya niat berpuasa puasa qodho Romadhon tahun lalu, yang belum saya ganti, pada hari ini bertepatan dengan hari Rabu yang mulia, karena Alloh Ta’ala.”

Niat Puasa Qodho Romadhon di Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمَاضِي، الَّذِي عَلَيَّ فَرْضٌ، صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُتَبَقِّي مِنْهُ، فِي هَذَا الْيَوْمِ الْمُبَارَكِ الْمُصَادِفِ الْخَمِيْسِ، لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Shahri Romadhonal Maadhi, Alladhi Ngalayya Fardhun, Shouma Shahri Romadhonal Mutabaqqi Minhu, Fi Hadzal Yaumil Mubarokil Mushodiqil Khomiis, Lillahi Tangala.

“Saya niat berpuasa puasa qodho Romadhon tahun lalu, yang belum saya ganti, pada hari ini bertepatan dengan hari Kamis yang mulia, karena Alloh Ta’ala.”

Tata Cara Melakukan Puasa Qodho Romadhon Gabung Senin-Kamis

Selain niat puasa qodho saat digabung puasa Senin-Kamis, adapun tata cara yang tepat untuk melakukan puasa qodho Romadhon. Terkait tata caranya, sama saja dengan puasa umumnya.

Berikut tata caranya:

  1. Membaca niat puasa qodho yang digabung di hari Senin-Kamis untuk mengganti puasa bulan romadhon sebelum Subuh;
  2. Disunnahkan untuk makan sahur;
  3. Membaca Doa Niat Puasa, pertama niat puasa qodho Romadhon, kedua membaca niat puasa senin atau kamis;
  4. Berpuasa dengan menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa seperti makan, minum dan lainnya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari;
  5. Menyegerakan berbuka puasa pada saat Maghrib.

 

Hukum Menggabungkan Puasa Qodho Romadhon dengan Puasa Sunnah

Ada beberapa pendapat dari ulama terkait hukum menggabungkan antara puasa qodho Romadhon dengan puasa sunnah Senin-Kamis.

Menurut Ulama Fiqih, Wahbah az-Zuhaili menjelaskan dalam Kitab Al-Fiqhu al Islamiyyu wa Adilatuhu, bahwa menggabungkan dua niat ibadah yang sama-sama sunnah, maka keduanya adalah sah.

Misalnya puasa qodho Romadhon yang hukumnya wajib dan puasa Senin dan Kamis yang hukumnya sunnah.

Pendapat serupa juga dikatakan dalam buku Fiqih Niat oleh Isnan Ansory. Dikatakan untuk penggabungan dua niat ibadah antara wajib dan sunnah, maka akan berdampak pada salah satu ibadah sah dan yang lainnya batal. Contohnya seperti puasa pada satu hari dengan dua niat puasa.

Misal puasa qodho Romadhon yang termasuk wajib, dan puasa sunnah Senin dan Kamis. Menurut sebagian ulama, penyatuan dua niat antaranya dikatakan sah pada puasa wajib, sementara puasa sunnahnya batal.

Namun, lanjutnya, apabila ibadah yang digabung tersebut adalah fardhu dan satunya sunnah, maka yang sah adalah niat ibadah fardhu, sedangkan niat ibadah yang sunnah tidak sah, menurut pendapat Abu Yusuf.

Sementara itu, Ibnu Hajar al Haitamy dan Syekh Ar Ramli dalam Kitab I’anatut Tholibin menjelaskan, niat puasa sunnah dapat digabung dengan puasa qodho tanpa mengurangi pahala keduanya.

Dalam laman BAZNAS turut disebutkan, kaum muslim yang memiliki utang puasa Romadhon tahun sebelumnya, bisa meng-qodho puasa atau dapat digabung bersamaan dengan puasa sunnah, seperti puasa Senin dan Kamis dengan maksud untuk mengharapkan ridho dan pahala yang berlipat dari Alloh SWT.

Dikatakan pula, mereka yang hendak menggabungkannya, cukup membaca niat puasa qodho saja, hingga tidak perlu melafalkan dua niat, yakni puasa Romadhon dan puasa Senin atau Kamis.


Nah, itulah penjelasan mengenai niat puasa qodho Romadhon di hari Senin dan Kamis serta tata caranya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin melaksanakannya dan jangan sampai salah ya niat puasa qodho Romadhon gabung dengan puasa Senin-Kamis.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Niat Puasa Ayyamul Bidh, Apakah Bisa Digabung dengan Puasa Nisfu Syaban

23 Februari 2024 - 11:55

Niat Puasa Ayyamul Bidh Nisfu Syaban

Niat Puasa 9, 10, dan 11 Muharram, Lengkap Arab Latin dan Arti serta Tata Cara dan Keutamaannya

9 Februari 2024 - 23:10

Niat Puasa 9, 10, dan 11 Muharram, Lengkap Arab Latin dan Arti serta Tata Cara dan Keutamaannya

Puasa Arofah

14 Januari 2024 - 13:27

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Lengkap Arab Latin dan Arti serta Pelaksanaannya

20 Desember 2023 - 22:09

Lafadz Bacaan Niat Puasa Ayamul Bidh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Niat Puasa Syaban Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamannya

20 Desember 2023 - 22:06

Niat Puasa Syaban Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamannya

Niat Puasa Daud Lengkap Arab Latin dan Artinya

20 Desember 2023 - 22:04

Tatacara Panduan Niat Puasa Daud Lengkap Manfaatnya
Trending di Puasa
Buka