Puasa ·

Niat Puasa Syaban Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamannya


Niat Puasa Syaban Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamannya Perbesar

Niat Puasa Syaban Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamannya

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang mulia karena di dalamnya terdapat beberapa peristiwa penting, seperti perpindahan kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram. Dalam bulan ini juga yang banyak dikenal adalah amalan Nisfu Sya’ban yaitu amaliah yang dilakukan pada pertengahan bulan Sya’ban.

Sya’ban adalah bulan mulia yang diapit antara bulan Rojab dan bulan Romadhon. Dalam bulan juga dianjurkan melakukan amaliah-amaliah yang baik termasuk berpuasa, sebagaimana dilansir NU Online.

Pengertian Puasa Syaban

Puasa Sya’ban adalah puasa yang dilakukan di bulan Sya’ban. Hukumnya sunnah berdasarkan hadits shahih dari Nabi Muhammad saw.

Baca Juga: Doa Memasuki Bulan Sya‘ban

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ: لَا يُفْطِرُ؛ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ: لَا يَصُومُ. وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ

Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’ beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’ aku tidak pernah melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadlan dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’ban (Muttafaqun ‘Alaih. Adapun redaksinya adalah riwayat Muslim).

Selain itu, ada hadits yang mengharamkan puasa pada separuh kedua bulan Sya’ban, yaitu:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِذَا اِنْتَصَفَ شَعْبَانَ فَلَا تَصُومُوا. رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh ra, sungguh Rosulloh saw bersabda: ‘Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa (HR Imam Lima: Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Berdasarkan hadits ini maka puasa Sya’ban haram dilakukan bila dimulai pada tanggal 16. Puasa Sya’ban harus dimulai sebelum tanggal tersebut, sejak tanggal 1 atau paling maksimal tanggal 15. Bila sampai tanggal 15 belum berpuasa, maka haram berpuasa pada tanggal 16 sampai akhir Sya’ban sesuai petunjuk hadits tersebut.

Setelah memperhatikan berbagai ketentuan hukum di atas, puasa Sya’ban dapat dilakukan satu, dua, atau tiga hari dan seterusnya sampai satu bulan penuh. Adapun Rasulullah tidak memuasainya satu bulan penuh agar tidak disalahpahami bahwa hukumnya adalah wajib (Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatâwal Kubral Fiqhiyyah, [Beirut, Dârul Fikr] juz II, h. 82).

Baca Juga: Peristiwa Penting di Bulan Sya’ban

Tatacara Puasa Sya’ban

Adapun tata cara puasa Sya’ban, sebagai berikut:

Bacaan Niat Puasa Sya’ban

Pertama, niat di hati. Niat puasa baik dilakukan dengan niat puasa mutlak, seperti: “Saya niat puasa,” atau dengan cara yang lebih baik sebagaimana berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma sya’bana lilahi tangala.

Saya niat puasa Sya’ban karena Alloh ta’ala.

Selain niat di dalam hati juga disunnahkan mengucapkannya dengan lisan. Sebagaimana puasa sunnah lainnya, niat puasa Syaban dapat dilakukan sejak malam hari hingga siang sebelum masuk waktu zawal (saat matahari tergelincir ke barat), dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar atau sejak masuk waktu subuh. (Al-Malibari, Fathul Mu’în, juz II, h. 223).

Makan Sahur

Kedua, makan sahur. Lebih utama makan sahur dilakukan menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak.

Menjaga dari perbuatan yang membatalkan puasa

Ketiga, melaksanakan puasa dengan menahan diri dari segala hal yang membatalkan, seperti makan, minum dan semisalnya.

Menjaga dari hal yang membatalkan pahala puasa

Keempat, lebih menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan segala perbuatan dosa. Rosululloh SAW bersabda:

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعِ وَالْعَطَشِ. رواه النسائي وابن ماجه من حديث أبي هريرة

Banyak orang yang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa lapar dan kehausan (HR an-Nasa’i dan Ibnu Majah dari riwayat hadits Abu Huroiroh ra).

Menyegerakan Berbuka

Kelima, segera berbuka puasa saat tiba waktu maghrib (Ibrohim al-Bajuri, Hâsyiyyatul Bâjuri ‘alâ Ibnil Qâsim al-Ghazi, [Semarang, Thoha Putra], juz I, h. 292-294).

Keutamaan Puasa Sya’ban

Adapun keutaman puasa Sya’ban di antaranya adalah mendapatkan syafaat Rosululloh SAW pada hari kiamat kelak. Syekh Nawawi al-Bantani berkata:

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rosululloh SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Niat Puasa Ayyamul Bidh, Apakah Bisa Digabung dengan Puasa Nisfu Syaban

23 Februari 2024 - 11:55

Niat Puasa Ayyamul Bidh Nisfu Syaban

Niat Puasa 9, 10, dan 11 Muharram, Lengkap Arab Latin dan Arti serta Tata Cara dan Keutamaannya

9 Februari 2024 - 23:10

Niat Puasa 9, 10, dan 11 Muharram, Lengkap Arab Latin dan Arti serta Tata Cara dan Keutamaannya

Puasa Arofah

14 Januari 2024 - 13:27

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Lengkap Arab Latin dan Arti serta Pelaksanaannya

20 Desember 2023 - 22:09

Lafadz Bacaan Niat Puasa Ayamul Bidh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Niat Puasa Daud Lengkap Arab Latin dan Artinya

20 Desember 2023 - 22:04

Tatacara Panduan Niat Puasa Daud Lengkap Manfaatnya

Niat Puasa Qodho Romadhon Lengkap Arab Latin dan Artinya

2 Desember 2023 - 14:38

Bacaan Niat Puasa Qodho Romadhon
Trending di Puasa
Buka