Sholat ·

Sholat Sunnah Anisil Qobri Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sholat Anisil Qobri adalah salah satu jenis sholat yang dilakukan oleh umat muslim untuk memohon ampun dan doa untuk orang yang telah meninggal dunia.Pada tulisan ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai sholat Anisil Qobri, seperti doa yang dibaca pada sholat tersebut, keutamaannya, dan bagaimana cara melaksanakannya.

Pengertian Sholat Anisil Qobri

Sholat Anisil Qobri adalah sholat yang dilakukan oleh umat muslim sebagai wujud penghormatan terakhir kepada seseorang yang telah meninggal dunia. Sholat ini bertujuan untuk memohon ampun dan doa agar arwah orang yang telah meninggal dapat diterima oleh Alloh SWT dan ditempatkan di surga-Nya.

Tata Cara Sholat Anisil Qobri

وَمِنْه صَلَاة رَكْعَتَيْنِ للأنس فِي الْقَبْر رُوِيَ عَن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَنه قَالَ لَايَأْتِي على الْمَيِّت أَشد من اللَّيْلَة الأولى فارحموا بِالصَّدَقَةِ من يَمُوت فَمن لم يجد فَليصل رَكْعَتَيْنِ يقْرَأ فيهمَا أَي فِي كل رَكْعَة مِنْهُمَا فَاتِحَة الْكتاب مرّة وَآيَة الْكُرْسِيّ مرّة و {أَلْهَاكُم التكاثر} مرة {قل هُوَ الله أحد} عشر مَرَّات

“Sebagian shalat sunah adalah shalat dua rakaat lil unsi fi qabri (untuk memberi kesenangan pada jenazah di dalam kubur). Diriwayatkan dari Rasulullah Saw, bahwa beliau bersabda, ‘Tiada beban siksa yang lebih keras atas mayit melebihi dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah shalat dua rakaat. Di setiap rakaat, dia membaca surat al-Fatihah 1 kali, ayat Kursi 1 kali, surah al-Takatsur 1 kali, dan surat al-Ikhlas 11 kali.”

Waktu Pelaksanaan dan Bacaan Surat

Waktu pelaksanaan Sholat Sunnah Anisil Qobri yaitu setelah Sholat Maghrib, dan bacaan setelah Surat Al-Fatihah (Rokaat pertama dan kedua sama) adalah :

  1. Ayat Kursi (1x)
  2. Surat At-Takatsur (1x)
  3. Surat Al-Ikhlas (11x)

Bacaan Niat Sholat Anisil Qobri

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِأَنِيْسِ الْقَبْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالىٰ

Usholli Sunnatal Li Anisil Qobri Rok’ataini Lillahi Ta’ala.

“Saya sholat sunnah untuk kesenangan mayit dalam kuburnya dua rakaat karena Alloh Ta’ala.”

Doa Sholat Anisil Qobri

اللَّهُمَّ إِنِّيْ صَلَّيْتُ هَذِهِ الصَّلَاةَ وَتَعْلَمُ مَا أُرِيْدُ. اللَّهُمَّ ابْعَثْ ثَوَابَهَا إِلَى رُوْحِ … بْنِ …

Allohumma Inni Shollaitu Hadzihis Sholata Wa Ta’lamu  Ma Uridu. Allohummab’ats Tsawabaha Ila Ruuhi … bin …  (sebut nama jenazah).

“Ya Allah, saya melakukan shalat ini dan Engkau tahu apa yang saya maksudkan. Ya Allah, kirimkanlah pahala shalat ini kepada … bin … (sebut nama jenazah).”

Bisa ditambah dengan bacaan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيرِنَا وَكَبِيرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا، اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الْإِسْلَامِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الْإِيمَانِ، اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ، وَلَا تُضِلَّنَا بَعْدَهُ.

Ya Allah, ampunilah kita yang masih hidup dan yang telah meninggal, yang ada dan yang tidak ada, yang kecil dan yang besar, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, berikan hidup yang Islami bagi orang yang masih hidup, dan mati dalam keimanan bagi yang sudah meninggal. Ya Allah, janganlah Engkau hinakan kami setelah beliau (yang meninggal) dan janganlah Engkau sesatkan kami setelah beliau. Amin.


Baca : Manfaat Fadhilah Sholat Anisil Qobri

Wallohu A’lam.

Artikel ini telah dibaca 131 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Jenis dan Ragam Sholat Sunnah yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

20 Februari 2024 - 18:36

Sholat Sunnah Rojab beserta Niat dan Tatacara Lengkap Arab Latin dan Artinya

7 Februari 2024 - 11:52

Sholat Sunnah Malam 1 Rojab Lengkap Niat dan Tatacara beserta Doanya Arab Latin dan Artinya

7 Februari 2024 - 11:14

Sholat Sunnah Badiyah Jumat

14 Januari 2024 - 08:51

Sholat Sunnah Qobliyah Jumat

14 Januari 2024 - 08:48

Sholat Syukril Wudhu

14 Januari 2024 - 08:42

Trending di Sholat
Buka