Sholat ·

Sholat Sunnah Rojab beserta Niat dan Tatacara Lengkap Arab Latin dan Artinya


Sholat Sunnah Rojab beserta Niat dan Tatacara Lengkap Arab Latin dan Artinya Perbesar

Bulan Rajab adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan banyak pahala dengan mengerjakan berbagai amalan yang dianjurkan, termasuk shalat sunnah. Lantas, bagaimana tata cara shalat sunnah Rajab?
Shalat sunnah dikerjakan salah satunya untuk memuliakan bulan haram atau bulan yang penuh berkah ini. Apalagi shalat sunnah di bulan Rajab memiliki banyak keistimewaan.

Bagi umat muslim yang ingin mengerjakan shalat sunnah Rajab, berikut tata cara shalat sunnah Rajab lengkap dengan niat, waktu pelaksanaan dan doanya yang dirangkum dari Buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun yang disusun oleh Ust. Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid dan situs Nahdlatul Ulama.

Baca juga:
Bacaan Niat Puasa Rajab Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Tata Cara Shalat Sunnah Rajab

Pelaksanaan shalat Sunnah Rajab sama dengan shalat sunnah lainnya yang memiliki aturan masing-masing. Nah, berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah Rajab:

Shalat Sunnah Malam Tanggal 1 Rajab

Melaksanakan shalat sunat sebanyak 10 rakaat (5 kali salam), dengan niat:

أُصَلِّي سُنَّةٌ لِشَهْرِ رَجَبَ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Arab Latin: Ushallii sunnatan lisyahri rajaba rak’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “”Aku berniat untuk shalat sunnah Rajab dua rakaat menghadap kiblat karena Allah.”

Setiap selesai membaca surah Al-Fatihah membaca:

Surat Al-Ikhlas 3 kali di rakaat pertama
Surat Al-Kafirun 3 kali di rakaat kedua
Setelah mengucapkan salam akhir di rakaat kedua, baca doa berikut:

لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَيَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ. اللهم لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَيَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدِّ.

Arab Latin: Laailaaha illallohu Wahdahu Laa Syariikalah, Lahul mulku walahul Hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoir, wahuwa ‘ala kulli syaiin qodiir. Allohumma Laa Mani’a Limaa a’thoita wala Mu’thia Limaa Mana’ta Walaa Yanfa’u Kal Jaddi minkal Jaddi.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, Yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan pujian. Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya segala kebaikan berada, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan, dan tidak ada pula yang dapat memberikan apa yang Engkau halangi, dan tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan.”

Baca juga:
Dzikir Bulan Rajab beserta Amalan Lainnya, Yuk Amalkan!

Shalat Sunnah Malam Jumat Pertama Bulan Rajab

Shalat sunnah pada malam Jumat pertama di bulan Rajab dikerjakan sebanyak 12 rakaat (6 kali salam). Adapun niat yang dilafalkan yakni:

أُصَلِّي سُنَّةً لِشَهْرِ رَجَبَ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Arab Latin: Ushallii sunnatan lisyahri rajaba rak’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku berniat melakukan shalat sunnah di bulan Rajab dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Bacaan surah setiap selesai membaca Al-Fatihah:

Al Qadar 3 kali di rakaat pertama
Al Ikhlas 12 kali di rakaat kedua
Setelah salam akhir, baca shalawat sebanyak 70 kali berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ الْأُتِيَ وَعَلَى أَلِهِ وَسَلَّمَ

Arab Latin: Allaahumma shalli ‘alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihiwasallam.

Artinya: “Ya Allah, semoga rahmat atas nabi Muhammad, nabi yang ummi, serta atas semua keluarga.”

Kemudian sujud sambil membaca tasbih sebanyak 70 kali, berikut:

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ

Arab Latin: Subbuuhun qudduusun rabbul malaa-ikatu warruh.

Artinya: “Maha Suci Pencipta malaikat dan Ruhul Qudus.”

Setelah itu, duduk sambil membaca istighfar sebanyak 70 kali:

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمْ فَاءِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزِالأَعْظَمْ

Arab Latin: Rabbighfir warham watajaawas ‘ammaa ta’lamu, fa innaka antal ‘aziizul a’zham.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, dan lampauilah segala kesalahan yang Engkau ketahui. Sesungguhnya, Engkau lah Yang Maha Besar lagi Mulia.”

Kemudian sujud lagi sambil membaca tasbih seperti pada sujud pertama.

Baca juga:
Sholat Sunah Rajab: Niat, Waktu dan Cara Melaksanakannya

Shalat Sunnah Malam Tanggal 15 Rajab

Untuk pelaksanaan shalat di malam tanggal 15 Rajab sama seperti pada malam 1 Rajab. Kemudian setelah salam akhir, baca doa berikut:

لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَيَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ .لَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍاِلٰهًا وَحِدًا اَحَدًاصَمَدًا فَرْدًاوِّتْرًالَمْ يَتَّخِذْ صَاحِبَةًوَّلَا وَلَدًا

Arab Latin: Lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīkalahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyî wayumītu wahuwa hayyun, lā yamūtu biyadihil khairu wahuwa ‘alā kulli syaīn qadīr. Ilāhan wā hidan ahadan shamadan fardan witran lam yattakhidz shāhibatan wa lā waladan.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, Yang tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan dan pujian. Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya, segala kebaikan berada, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tuhan Yang Maha Esa, Tunggal, bergantung pada Diri sendiri, dan ganjil, tidak mengambil teman dan anak.”

Baca juga:
12 Keutamaan Bulan Rajab beserta Dalil dan Penjelasan Ulama

Shalat Sunnah di Malam Tanggal 30 Rajab

Shalat sunnah pada malam terakhir bulan Rajab sama dengan malam 1 Rajab.

Setelah salam akhir membaca doa:

لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَيَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ .لَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍوَصَلَّى اللّٰهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِا الطَّاهِرِيْنَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِااللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Arab Latin: Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wahuwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khairu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qadiir. Washallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihith thaahiriina walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhim.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, Yang tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan dan pujian. Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Ditangan Nya segala kebaikan berada, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Limpahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarganya yang suci. Tiada daya dan upaya, melainkan hanya milik Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Baca juga:
12 Keutamaan Bulan Rajab beserta Dalil dan Penjelasan Ulama

Dzikir di Bulan Rajab

Selain shalat sunnah, umat muslim juga dapat memperbanyak dzikir. Berikut bacaan dzikir di bulan Rajab:

Tanggal 1 – 10 Rajab: Subhânallâhil hayyil qayyûm. 100x (lebih banyak lebih baik)
Tanggal 11 – 20 Rajab: Subhânallâhil ahadish shamad. 100x (lebih banyak lebih baik)
Tanggal 21 – 30 Rajab: Subhânallâhir raûf. 100x (lebih banyak lebih baik)

Waktu Shalat Sunnah Rajab

Shalat sunnah Rajab dikerjakan selama 4 hari dalam bulan Rajab. Berikut rinciannya:

Pertama, Saat memasuk bulan Rajab atau malam 1 Rajab 1445 Hijriah, yakni 12 Januari 2023 malam.
Kedua, pada malam Jumat pertama di bulan Rajab.
Ketiga, tepat pada malam tanggal 15 Rajab.
Terakhir, shalat sunnah bisa dikerjakan pada malam terakhir bulan Rajab.
Shalat sunnah Rajab tersebut dikerjakan setelah shalat maghrib, dzikir dan shalat sunnah ba’da maghrib. Tepatnya di antara shalat maghrib dan isya.

Baca juga:
Doa Malam 1 Rajab Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahannya

Hukum Shalat Sunnah Rajab

Dalam riwayat yang dikutip Imam Al-Ghazali disebutkan bahwa siapa saja yang mengerjakan shalat ini, maka semua hajatnya akan terkabulkan. Selain itu, seluruh dosa kecilnya juga akan terhapus meski dosa-dosa itu sebanyak buih lautan, sebanyak pasir-pasir yang menumpuk dan sebanyak daun-daun di pohon.

Sangat banyak keistimewaan apabila mengamalkan shalat sunnah di bulan Rajab. Bahkan disebutkan juga bahwa pada hari kiamat kelak, 700 orang dari keluarganya akan mendapatkan syafaat dan dimasukkan ke dalam surga.

Namun, mengenai pelaksanaan shalat Rajab (raghaib) beserta keutamaan yang disebutkan, diakui Imam al-Ghazali bahwa dalil yang ia kutip tidak sekuat dalil tentang sunahnya shalat tarawih dan shalat hari raya.

Kendati demikian, hujjatul Islam ini merujuk kebiasaan warga Al-Quds yang melaksanakan shalat sunah mutlak secara istikamah. Ini menunjukkan bahwa warga Quds menghidupkan bulan Rajab dengan melakukan shalat sunnah mutlak, akan tetapi kemudian dikenal dengan nama shalat sunah Rajab.

Akan tetapi, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa shalat sunnah Rajab ini hukumnya makruh. Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Al-Fatawa Al-Kubra Ala Mazhab Al-Imam Al-Syafi’i menyampaikan bahwa ia (Ibnu Hajar) pernah ditanya seseorang tentang shalat raghaib atau shalat sunnah Rajab. Lantas ia menjawab bahwa shalat sunnah Rajab sebagaimana shalat sunah malam nisfu Sya’ban 100 rakaat adalah bid’ah.

Maka menurutnya, hukum shalat raghaib ini adalah makruh, baik dikerjakan sendiri-sendiri maupun berjamaah.

Demikian tata cara shalat sunnah Rajab, lengkap dengan niat, waktu pelaksanaan dan doanya. Semoga bermanfaat, detikers.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Satu tanggapan untuk “Sholat Sunnah Rojab beserta Niat dan Tatacara Lengkap Arab Latin dan Artinya”

  1. I believe that is one of the most vital information for me. And i am glad studying your article. But want to observation on few basic things, The site style is great, the articles is in point of fact nice : D. Just right job, cheers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Jenis dan Ragam Sholat Sunnah yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

20 Februari 2024 - 18:36

Sholat Sunnah Malam 1 Rojab Lengkap Niat dan Tatacara beserta Doanya Arab Latin dan Artinya

7 Februari 2024 - 11:14

Sholat Sunnah Badiyah Jumat

14 Januari 2024 - 08:51

Sholat Sunnah Qobliyah Jumat

14 Januari 2024 - 08:48

Sholat Syukril Wudhu

14 Januari 2024 - 08:42

Amalan Agar Keinginannya Segera Dikabulkan

10 Januari 2024 - 22:05

Amalan Agar Keinginanya Mudah Dikabulkan
Trending di Doa
Buka